Rabu, 18 Mei 2011

Chicken Soup & Baked Bean

Weekend kemarin, anakku yang kecil, umurnya 4 tahun, masuk rumah sakit. Dari hari selasa malamnya, dia mengeluh sakit perut dan mual. Hari-hari berikutnya ternyata makin parah karena dia terus bilang mual dan tidak mau makan dan minum. Walhasil, hari Jumat dimasukkanlah ke rumah sakit, biar bisa diinfus karena dia sudah lemas banget. Jadilah aku nginep di rumah sakit sampai 3 malam di sana sampai anakku pulih.


Begitu dia diizinkan pulang, langsung otak ini berputar mau bikin apa untuk makan dia di rumah. Selama ini kalau anak-anakku sakit, aku selalu buat kaldu ayam. Kadang hanya dibumbuin saja tanpa isi. Kali ini, aku mau bikin sup ayam yang isinya suwiran ayam, wortel dan jamur buat mulihin stamina anakku.Ayamnya disuwir dan wortelnya juga diparut agar dia makannya gampang tentunya.


Ngga ada yang khusus sih cara bikinnya. Dada ayam utuh direbus untuk bikin kaldunya. Pertama-tama direbus dengan api besar sampai mendidih dan keluar buih-buih putih. Buih-buih putihnya dibuang, lalu direbus lagi dengan api kecil. Di air rebusannya aku tambahin bawang  bombay, daun seledri ma bawang putih. Setelah kira-kira 45 menit, airnya disaring, terus ayamnya disuwir.


Untuk bikin supnya pertama-tama aku bumbuin dulu kaldu ayamnya. Aku tambahin kecap ikan, garam, merica ma kaldu bubuk. Setelah pas rasanya, baru kemudian suwiran ayam, wortel ma jamurnya dimasukkin deh. Terakhir dimasukkin minyak wijen untuk aroma. Tunggu sampai mendidih, udah deehh. Standar banget ya? hehehe. Biarin lah, yang penting supnya penuh nutrisi buat yang abis sakit. Jangan sakit lagi ya sayang..mamah ngga mau long weekend di rumah sakit lagi.. ; P.


Masih dengan spirit mau bikin makanan yang full nutrisi. Untuk anakku yang besar dan papahnya, aku bikin 'english breakfast'. Halah, gaya. Intinya cuma pengen bikin 'baked beans' sih, terus buat pendampingnya scrambled eggs ma grilled sausage. Cari-cari resep baked beans di internet ngga nemu yang gampang...hehehe...akhirnya berinovasi sendiri ajah. Bikin baked beans pakai tomato sauce kaya buat spaghetti. Tumis bawang bombay masukkin beannya yang sudah direbus, tambahin saus tomat ma air terus dibumbuin garam merica kaldu bubuk, jadi deh. Simple ajah. Yang penting tampilan dan rasa..hehehe.


Well, anakku ternyata gak gitu suka ma baked beannya sih. Tapi ya karena dia memang ga biasa makan kacang-kacangan gitu, soalnya kalau spaghetti saus tomat dia suka. Walhasil dikuliahin lah dia pentingnya makan kacang-kacangan, bla bla bla...hehehe *emakemakmodeon*.


Sesi pemotretan dilakukan dengan secepat mungkin, karena papahnya anak-anak udah kelaparan...But still, hope you enjoy the food, eh pictures..; )).

Tidak ada komentar:

Pages