Minggu, 17 April 2011

MOM's Corner: Lasagna & Caramel Pudding

Minggu ini aku 'libur' masak-masaknya, karena mamahku ulang tahun hari sabtu kemarin. Kita sekeluarga besar menginap di hotel apartemen di daerah jakarta selatan pas malam minggunya. Acara dimulai sabtu siang dengan ceramah dari ustadzah yang biasa  diundang di acara keluarga bertempat di salah satu kamar apartemen. Kamarnya memang cukup besar, ada 3 kamar lengkap dengan ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Setelah ceramah, acara dilanjutkan dengan makan siang.


Khusus untuk acara ini, mamahku sehari sebelumnya sibuk buat macam-macam makanan. Bukan makanan utama, tapi lebih buat cemilan. Mulai dari lapis legit andalannya, kue sus, lasagna dan caramel pudding.

Walaupun minggu ini aku ngga masak, tapi belajar food photographynya jelas harus jalan terus. So aku milih lasagna dan caramel pudding untuk jadi objekku minggu ini.



Untuk yang belum tau, Lasagna adalah lembaran pasta yang disusun selang seling dengan tumisan daging cincang dan keju. Di lapisan atasnya lalu diberi mozarella, terus dipanggang deh. Yummm!! Dimakannya bisa begitu saja, tapi kalo aku sih sukanya pake sambal botolan...huhuhu...enyak bangett!! Lapisan daging dan keju yang gurih bercampur rasa pedas benar-benar perpaduan yang pas!



Silahkan dilihat-lihat hasil foto dari homemade lasagna by my mom. 



Objek yang kedua adalah Caramel Pudding. Yang ini bisa dibilang resep 'warisan'. Caramel pudding adalah Pudding yang super lembut yang dimakan bareng karamel, atau gula yang dimasak sampai gosong hingga warnanya kecoklatan.



Super lembutnya Caramel Pudding berasal dari campuran telur dan susu yang dikocok. Karamel yang sudah jadi lalu ditaruh di pyrex atau tempat yang tahan panas. Setelah dibiarkan dingin dan mengeras, baru ditambahkan campuran telur dan dan susu untuk pudingnya dan kemudian dipanggang. Setelah dipanggang, lapisan karamel di bawah puding akan mencair, sehingga ketika puding dipotong, akan tampak cairan karamel di bawahnya.


 

This caramel pudding is definitely the perfect one for desert! Untuk yang tidak terlalu suka manis, memakan caramel pudding dibarengi strawberry bisa jadi pilihan juga. Rasa lembut manis dari pudingnya dikombinasi dengan rasa asam segar dari strawberry...perfecto!! 


Enjoy the pictures of caramel pudding!



Last but not least, buat yang tertarik dengan 2 menu andalan mamahku di atas boleh email ke rianakasanty@gmail.com untuk resep komplitnya. Atau ngga mau repot? ya pesen ajiaahh...: )). Cheers! 


Tidak ada komentar:

Pages