Jumat, 22 April 2011

Sushi Wannabe

Anakku sudah lama minta aku bikin sushi. Cuma aku ngebayanginnya kok ribet ya. Tapi dalam rangka bikin makanan yang dia suka, so aku rela deh belajar bikin sushi. Dari YouTube, Website, sampe nanya-nanya ma karyawan Foodhall yang tugas di counter sushi.



Salah satu alasan yang bikin aku ragu-ragu bikin sushi adalah karena anakku itu sukanya sushi dengan ikan mentah, salmon maupun tuna. Dia juga suka baby octopus. Aku takut salah aja ngolahnya, jangan-jangan malah jadi bahaya lagi. Tapi setelah ngobrol ma karyawan Foodhall, ternyata kuncinya adalah kesegaran ikannya. Maksudnya ikan yang dipakai maksimal dua hari dari saat pemotongan. Itupun harus ditaro di freezer untuk menjaga kesegarannya.

 Selain salmon, untuk isi sushi aku pakai telor ikan. Itu lho yang warnanya orange dan imut-imut banget. Kalo dimakan, telor ikan itu seperti 'meletus' di mulut. Hmmm. Yang suka sushi pasti tau deh apa yang aku maksud. hehehe. Selain itu aku juga beli Crab Stick.


Karena baru perdana bikin Sushi, banyak juga ya yg harus dibeli. Salah satunya pasti tiker untuk bikin sushinya. Terus beras jepang dan Nori (rumput laut buat bungkus sushinya). Aku juga beli tepung tempura untuk efek crunchy. Ohya, sebelum belanja keperluan bikin sushi, aku makan dulu di sushi tei. Ceritanya observasi. ; ), padahal sih emang doyan.

Pagi ini,  'pertempuran' dimulai. Pertama-tama aku siapin nasinya. Berhubung masih percobaan aku ngga pakai tuh beras jepangnya. Pake nasi yang ada aja. Nasinya aku bumbuin pakai minyak wijen ma garem. Kalo resep aslinya sih pake Vinegar apaa gitu...tapi berhubung mahal dan belum tentu halal pula, aku pake minyak wijen ajah. Tips ini aku dapet di satu-satunya video dengan bahasa indonesia di YouTube dengan kata kunci "cara membuat sushi". Very helpful lho.


Salmon dan Crab Stiknya aku potong memanjang. Aku tambahin timun juga buat variasi. Dan pastinya ngga lupa tepung tempura yang digoreng dengan minyak panas agar renyah. Aku ngga pakai mayonaise sama sekali. 


'Gulungan' pertama aku isi dengan salmon dan tepung tempura. Belom sempet aku foto udah tandas dimakan anakku ma bapaknya.'Gulungan kedua', aku isi dengan salmon, crispy tempura dan telor ikan. Terus difoto dulu deh sebelum lenyap ke dalam perut. Ohiya, untuk kecap sushinya standar pake kecap kikkoman. Rasanya udah mirip banget ma yang di restoran.'Gulungan' ketiga aku isi ma crab stick dan timun terus ditaburi telur ikan.


 
Untuk rasa, walau masih jauh dibandingin Sushi tei, tapi ok lahh. Dan yang paling penting, anakku sukaaa....!! Yayyy..!! Mission accomplished. ; ).


Tidak ada komentar:

Pages