Sabtu, 12 Maret 2011

Beef Teriyaki Set



Project hari ini adalah Beef Teriyaki Set for lunch. Daging dipotong dadu dimasak dengan bumbu teriyaki lengkap dengan tumisan tauge dan wortel. Sebagai pendampingnya adalah soup miso yang diisi dengan tahu sutra, jamur shitake, jamus enoki dan lembaran rumput laut (seaweed).

Yang istimewa dalam project ini salah satunya adalah pemilihan daging. Selama ini sering frustasi karena setiap buat tumis daging selalu dagingnya terasa keras atau pun alot. Walaupun dagingnya beli yang import, teteup dagingnya gak bisa lembut. Lalu minggu lalu ada teman kantor yang sharing kalau dia selalu pakai 'knuckle' untuk masakan daging apa pun. Itu adalah bagian paha sapi, katanya. Maka kali ini ketika saya ke supemarket untuk persiapan memasak di weekend, saya langsung mencari 'knuckle' sebagai pilihan daging yang mau diolah.


Singkat kata, ternyata teman saya benar. Dagingnya lebih lembut dan seratnya lebih sedikit, sehingga bisa langsung ditumis tanpa perlu direbus. Sebelumnya daging dimarinade dulu dengan campuran saus teriyaki, saus tiram, perasan jahe, dll.Untuk miso saya menggunakan bumbu jadi, saya tinggal menambahkan isinya saja.


Yang seru juga adalah sesi pemotretan. Butuh berkali-kali ganti 'pose' sampai akhirnya saya menemukan shot yang paling pas. Berikut adalah 3 foto pilihan saya dari sekian banyak foto yang saya ambil. Tidak ada edit-an yang berarti, hanya satu foto yang saya crop agar bisa lebih 'close up'. Which one is your favorite?

Pages