Sabtu, 05 Maret 2011

Vietnamese Pho

Vietnamese Pho, yang terdiri dari rice noodle, tauge dan sliced beef mulai menjadi favorit saya sejak dulu ketika restoran Pho Hoa ada di Indonesia. Semenjak Pho Hoa tidak ada lagi, belum ada restoran pho yang pas rasanya yang bisa buat saya ketagihan untuk datang lagi.

Anyway, saat saya melihat di salah satu  acara TV cable tentang cara membuat Vietnamese Pho, saya sangat sangat ingin mencobanya. Dan inilah hasilnya! Saya mengikuti hampir 100% resep aslinya, kecuali saya tidak memasukkan terlalu banyak sayuran, hanya tauge dan daun ketumbar dan pastinya ditambahkan daging sukiyaki yang saya biarkan mentah yang kemudian dimatangkan dengan disiram kuah Pho yang baru mendidih.

Foto yang diatas adalah tampilan pho sebelum disiram dengan kuahnya. Isiannya adalah rice noodle, tauge (import), Jamur Shitake, daging sukiyaki, lalu ditaruh paling atas daun ketumbar sebagai garnish sekaligus penikmat rasa, buat saya khususnya. Banyak orang yang tidak suka dengan aroma daun ketumbar ini, tapi buat saya ini adalah syarat utama untuk kenikmatan Pho. Lalu diberikan juga sedikit irisan cabe merah. Cantik sekali tampak di foto kan? Tentunya tidak hanya tampilannya yang cantik tapi juga rasanya yang mantap. Setelah disiram dengan kuahnya, pho siap dinikmati. Lebih asyik ditambah perasan jeruk lemon.



Segar, gurih, krenyes-krenyes dari tauge, sungguh lezat. Daging sukiyaki yang dimatangkan dengan disiram kuah yang mendidih membuat tekstur dagingnya terasa lembut. Rice noodlenya pun tak kalah lembut ditemani dengan kuah kaldu yang nikmat. Proses pembuatan kuah kaldunya ini sungguh "seru"! Sayap ayam dan aneka sayuran direbus selama kurang lebih 1 jam, kemudian disaring dan direbus lagi dan campuran jahe, akar daun ketumbar, kecap ikan, dll. Hasilnya adalah kuah pho yang sangat kaya rasa!


Pengalaman pertama membuat Vietnemese Pho yang cukup sukses! Pastinya akan saya coba lagi di kemudian hari. : ) 

Tidak ada komentar:

Pages